Pengertian dan Contoh Process Device


Process Device


Process Device adalah perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai pengolah dan pemproses data yang diberikan oleh peralatan input kemudian dikeluarkan melalui peralatan output sehingga dapat diterima oleh manusia (brainware).
Perangkat keras komputer yang memegang tugas sebagai alat proses disebut dengan nam Central Processing Unit (CPU). Setiap data yang masuk dari input device serta data data yang tersimpan di dalam media penyinmpanan (hardisk dll), semua diolah melalui CPU. Seluruh proses pengolahan data, perhitugan, pengolahan gambar, pengolahan suara dll ditangani oleh CPU.
CPU juga mengatur kerja dari hardware lainnya seperti printer, monitor, keyboard, mouse dll. Pada komputer micro, unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor atau processor yang berbentuk chip. Intinya, CPU merupakan otak atau pengatur sistem yang mengelolah dan memproses data dalam suatu komputer
Pada CPU, terdapat 4 komponen utama, yaitu :

1. Arithmetic and Logic Unit / ALU
ALU adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmetika dan logika. Contoh operasi aritmetika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit)adalah melakukan semua perhitungan aritmetika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi arithmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi arithmatika ini disebut adder. Tugas lalin dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.

2. Control Unit
Control Unit atau Unit Kendali, mempunyai tugas utama untuk mengendalikan operasi dalam CPU dan juga mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan fungsinya masing-masing. Selain itu, control unit juga bertugas untuk mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

3. Registers
Register prosesor adalah media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat pengolahan data. Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data hanya akan berada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer masih hidup, ketika suatu data tidak diperlukan lagi maka ia tidak berhak lagi berada di dalam registers, dan ketika komputer dimatikan maka semua data yang berada di dalamnya akan hilang.

4. CPU Interconnections
CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, peranti masukan /keluaran.

Contoh Hardware Process Device

1. RAM
Random Access Memory atau RAM adalah  salah satu perangkat keras pemrosesan yang memiliki berperan sebagai memori tempat penyimpanan sementara pada saat komputer sedang beroperasi atau aktif serta bersifat acak. Jika komputer mati, maka data yang disimpan didalam memori ini akan hilang atau terhapus secara otomatis dan permanen jika tidak disimpan terlebihdahulu.
Fungsi RAM pada komputer adalah sebagai perangkat untuk mempercepat kinerja pemrosesan informasi dari komputer, membantu menyimpan memori sementara, membantu penggunaan multitasking pada komputer, dan menentukan spesifikasi dari suatu komputer.

2. VGA (Video Graphics Array) Card

VGA Card adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor.

3. Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung. Perangkat ini bertugas untuk menghubungkan beberapa komponen seperti; BIOS, Chipset, RAM,VGA Card, Prosesor dan additional card.

4. Power Supply
Power Supply atau PSU merupakan suatu komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai pemberi suatu tegangan serta arus listrik kepada komponen - komponen komputer lainnya yang telah terpasang dengan baik pada motherboard atau papan induk, sedang tujuan awal dari penyaluran arus listrik ini adalah agar perangkat atau komponen - komponen komputer lainnya bisa berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan tugasnya.
Power Supply berfungsi mengubah arus AC (arus bolak-balik) ke arus DC (arus searah) yang nantinya akan dapat memberikan daya bagi perangkat-perangkat keras komputer seperti motherboard, CD room, hard disk, dan perangkat keras lainnya.

5. Processor

Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer yang paling utama pada komputer. Processor atau di kenal juga dengan cpu (central processing unit) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagi otak atau inti komputer untuk mengeksekusi sebuah perintah. Perintah yang di dapat di berikan oleh memori ram komputer dan processor inilah yang mengeksekusi setiap perintah. Kecepatan kinerja dari sebuah komputer akan sangat dipengaruhi oleh seberapa cepat processor yang dia miliki. Satauan dari processor di kenal dengan Hertz. Semakin tinggi kecepatan processor tentu semakin cepat kinerja sebuah komputer.
Prosesor fungsinya mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi Anda.... Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.

6. I/O Card
Input/Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan pc dengan hard disk serta floppy disk drive.

                (https://id.wikipedia.org/wiki/)
               
               





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Software Aplikasi

Contoh Hardware